PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi atau program yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu pada sistem komputer atau perangkat elektronik lainnya. Perangkat lunak bisa berbentuk aplikasi yang membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan tertentu, seperti pengolah kata atau aplikasi desain, maupun sistem operasi yang mengelola seluruh fungsi dasar perangkat keras komputer.
-Perangkat lunak (computer software) adalah sekumpulan instruksi atau program yang memberi tahu komputer bagaimana cara bekerja. Berbeda dengan perangkat keras (hardware) yang merujuk pada bagian fisik dari komputer, perangkat lunak adalah komponen yang tidak terlihat secara langsung, tetapi menjadi kunci untuk menjalankan dan mengoperasikan sistem komputer.
-Aplikasi perangkat lunak (application software) adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menjalankan tugas tertentu atau memenuhi kebutuhan spesifik. Aplikasi ini berbeda dengan perangkat lunak sistem (seperti sistem operasi) yang mengelola dan mengendalikan perangkat keras komputer. Aplikasi perangkat lunak biasanya fokus pada fungsi yang dapat digunakan langsung oleh pengguna untuk memecahkan masalah atau meningkatkan produktivitas.
-General-purpose application program (program aplikasi serba guna) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk digunakan dalam berbagai jenis tugas atau kegiatan, tanpa fokus pada satu fungsi tertentu. Aplikasi ini dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kebutuhan, baik itu untuk pekerjaan, pendidikan, hiburan, atau kegiatan lain yang umum. Program ini bersifat fleksibel dan dapat diadaptasi untuk berbagai keperluan.
-Application-specific program (program aplikasi spesifik) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam suatu domain atau industri tertentu. Berbeda dengan general-purpose application programs yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan, application-specific programs berfokus pada fungsi atau masalah tertentu dan sering kali lebih terfokus pada industri atau tugas spesifik.
-Sistem perangkat lunak (system software) adalah jenis perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengontrol perangkat keras komputer serta menyediakan platform yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak berjalan. Sistem perangkat lunak berperan sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi, serta memastikan bahwa semua komponen sistem bekerja dengan efisien dan lancar.
-Sistem Manajemen Program (Program Management System) adalah sekumpulan proses dan alat yang digunakan untuk merencanakan, mengatur, mengontrol, dan mengawasi berbagai program dalam sebuah organisasi atau proyek. Sistem ini bertujuan untuk memastikan bahwa program-program yang dijalankan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dalam anggaran dan waktu yang telah direncanakan, serta dengan kualitas yang diinginkan.
- Sistem pengembangan perangkat lunak (software development system) adalah proses terstruktur yang melibatkan perancangan, pembuatan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pengguna atau organisasi. Proses ini dimulai dengan analisis kebutuhan, dilanjutkan dengan perancangan arsitektur perangkat lunak, pengkodean, pengujian kualitas perangkat lunak, hingga implementasi dan pemeliharaan jangka panjang(Pressman, 2014).
^Interaksi Manusia dan Komputer
Harware dari persolanl komputer meliputi unit sistem dan pripherals.
• Perangkat lunak aplikasi dikembangkan untukmemecahkan masalah atau untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat pada tugas-tugas tertentu.
• Perangkat lunak sistem memungkinkan perangkat lunak aplikasi berinteraksi dengan komputer dan membantu komputer mengelola sumber daya internal dan eksternalnya.
• User meliputi pengguna akhir yang menggunakan perangkat lunak aplikasi general-purpose, dan pengguna spesialis yang mengunakan perangkat lunak aplikasi spesifik dan perangkat lunak sistem.
Interaksi Manusia-Komputer adalah bidang studi yang memfokuskan pada desain dan penggunaan antarmuka pengguna (user interfaces) serta interaksi antara manusia dan komputer. Tujuan utamanya adalah untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras lebih mudah digunakan, efisien, dan menyenangkan bagi pengguna. IMK mencakup berbagai aspek, seperti desain antarmuka grafis (GUI), pengalaman pengguna (UX), aksesibilitas, serta pengembangan sistem yang dapat merespons input dari pengguna dengan cara yang intuitif. Dalam prakteknya, IMK berusaha mengurangi hambatan dalam komunikasi antara pengguna dan sistem, dengan memperhatikan kebutuhan, kemampuan, serta preferensi pengguna dalam konteks penggunaan teknologi.
^Perangkat Lunak System
• Sistem operasi merupakan komponen utama perangkat lunak sistem yang mengatur operasi dasar komputer
• Driver adalah perangkat lunak program khusus untuk mengontrol perangkat peripheral yang memungkinkan perangkat masukan dan keluaran berkomunikasi dengan seluruh sistem komputer
• Program utilitas / program layanan melakukan tugas yang terkait dengan kontrol dan alokasi sumber daya komputer, digunakan untuk mendukung, meningkatkan, atau memperluas program yang ada dalam sistem komputer.
Perangkat Lunak Sistem (System Software) adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola dan mengontrol perangkat keras komputer serta menyediakan dasar bagi perangkat lunak aplikasi untuk berjalan. Perangkat lunak sistem berfungsi sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi, memungkinkan aplikasi untuk berfungsi dengan benar di atas platform perangkat keras.
Contoh utama perangkat lunak sistem adalah Sistem Operasi (Operating System/OS), seperti Windows, Linux, dan macOS, yang mengatur sumber daya perangkat keras, mengelola file, mengatur proses, serta menyediakan antarmuka bagi pengguna dan aplikasi. Selain itu, perangkat lunak sistem juga mencakup Driver perangkat, Utilitas sistem (seperti antivirus dan perangkat pemeliharaan sistem), serta perangkat lunak untuk manajemen jaringan dan keamanan.
^Booting
Booting adalah proses awal ketika sebuah komputer atau perangkat elektronik dinyalakan, yang mengarah pada pemuatan sistem operasi ke dalam memori utama agar perangkat dapat mulai berfungsi. Proses ini dimulai segera setelah perangkat dinyalakan dan berlanjut hingga sistem operasi siap digunakan.
• Booting adalah prosesmemuat sistem operasi kedalam memori utama komputer
• Cold-booting : Power On
• Warm-Boot : Restart
Proses booting dapat dibagi menjadi dua jenis:
- Cold Boot (Boot Dingin): Proses booting dari keadaan perangkat mati (off).
- Warm Boot (Boot Hangat): Proses booting ulang (reboot) dari kondisi perangkat yang sudah menyala (misalnya setelah restart).
^Lisensi
Lisensi adalah izin atau hak yang diberikan oleh pemegang hak cipta atau pemilik suatu produk untuk menggunakan, mendistribusikan, atau memodifikasi produk tersebut, dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Dalam konteks perangkat lunak, lisensi adalah perjanjian hukum yang mengatur bagaimana perangkat lunak boleh digunakan oleh penggunanya, apakah untuk penggunaan pribadi, komersial, atau distribusi ulang.
• Public Domain tidak dilindungi oleh hakcipta sehingga dapat diduplikasi oleh siapapun sesuka hati
• Shareware adalah perangkat lunak hakcipta yang didistribusikan secara gratis,tetapi pengguna diharuskan untukmemberikan kontribusi uang, ataumembayar biaya pendaftaran, untuk terus menggunakannya
• Freeware adalah perangkat lunak hak ciptayang didistribusikan secara gratis
• Rentalware adalah perangkat lunak onlineyang disewa pengguna dengan biaya dan unduhan kapan pun mereka mau.
• Piracy Softwareadalah perangkatlunak yangdiperoleh secara illegal.
• Abandonwareterkait perangkatlunak yang tidaklagi dijual ataudidukung oleh penerbitnya.
^Produksi Konten
Lisensi adalah izin atau hak yang diberikan oleh pemegang hak cipta atau pemilik suatu produk untuk menggunakan, mendistribusikan, atau memodifikasi produk tersebut, dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Dalam konteks perangkat lunak, lisensi adalah perjanjian hukum yang mengatur bagaimana perangkat lunak boleh digunakan oleh penggunanya, apakah untuk penggunaan pribadi, komersial, atau distribusi ulang.
^Berkas Konten
Produksi konten adalah proses penciptaan dan pengembangan materi yang akan dibagikan atau dipublikasikan, baik secara digital maupun fisik, untuk tujuan tertentu, seperti mengedukasi, menghibur, atau mempromosikan produk dan layanan. Konten yang diproduksi dapat berupa teks, gambar, video, audio, infografis, atau bahkan aplikasi interaktif yang disesuaikan dengan platform tempat konten tersebut akan disebarkan, seperti website, media sosial, blog, atau platform video.
• File adalah sebutan untuk koleksi data (file data) atau program (file program) yang ada di penyimpanan sekunder
• Tiga jenis file data: dokumen, worksheet, dan basis data
• Mengimpor: mendapatkan data dari sumber lain dan kemudian mengubahnya menjadi format yang kompatibel dengan program di mana anda saat ini bekerja
• Mengekspor: mengubah data menjadi format yang dapat digunakan dalam program lain dan kemudian
mengirimkannya
• Direktori teratas disebut akar (root) direktori; direktori dibawah direktori lain disebut sub direktori; setiap direktori di atas sub direktori disebut direktori induk (parent)
• Jalur / path adalah rute melalui sistem file. Contoh sederhana dari pathname : C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\root\Office16\MSACCESS.EXE
^Antarmuka Pengguna
Antarmuka Pengguna (User Interface/UI) adalah bagian dari sistem perangkat lunak yang memungkinkan interaksi antara pengguna dan komputer atau perangkat lainnya. Antarmuka ini mencakup elemen-elemen visual seperti tombol, menu, ikon, dan jendela, yang memungkinkan pengguna untuk memberikan input dan menerima output dari sistem. Tujuan utama dari antarmuka pengguna adalah untuk membuat interaksi dengan perangkat lunak menjadi intuitif, mudah, dan efisien.Shneiderman ( B., Plaisant, C., Cohen, M., & Jacobs, S. 2017).
User interface: layar tampilan yang bisa dikendalikan oleh pengguna yang memungkinkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi, dengan komputer
Graphical user interface memungkinkan pengguna menggunakan mouse & keystokes
^Graphical User Interface
Graphical User Interface (GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan interaksi dengan perangkat komputer menggunakan elemen grafis, seperti ikon, tombol, jendela, dan menu, yang dapat dilihat dan dipilih menggunakan perangkat input seperti mouse, touchpad, atau layar sentuh. Berbeda dengan antarmuka berbasis teks (CLI), yang memerlukan pengguna untuk mengetik perintah secara manual, GUI mempermudah pengguna untuk berinteraksi dengan komputer secara visual dan intuitif.
^Menu
Menu dalam konteks antarmuka pengguna (user interface) adalah daftar pilihan atau perintah yang ditampilkan kepada pengguna untuk memudahkan navigasi atau interaksi dengan aplikasi atau sistem. Menu biasanya berisi berbagai opsi yang dapat dipilih oleh pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membuka file, mengubah pengaturan, atau menjalankan perintah lainnya. Menu sering digunakan untuk mengorganisasi fungsi-fungsi perangkat lunak agar lebih mudah diakses dan lebih terstruktur.
Menu dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti:
- Menu Bar: Sebuah bilah horizontal di bagian atas aplikasi yang menampilkan kategori umum dari berbagai perintah, seperti "File," "Edit," "View," dan sebagainya. Pengguna dapat mengklik kategori tersebut untuk melihat opsi lebih lanjut.
- Drop-down Menu: Menu yang terbuka ketika pengguna mengklik atau mengarahkan kursor ke sebuah elemen (seperti menu bar atau tombol) dan menampilkan daftar opsi yang lebih banyak.
- Context Menu (Right-click Menu): Menu yang muncul ketika pengguna mengklik kanan pada objek atau area tertentu di antarmuka. Menu ini menawarkan opsi yang relevan dengan objek atau area yang dipilih.
^Antarmuka Aplikasi
Antarmuka Aplikasi (Application Interface) adalah bagian dari perangkat lunak yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Antarmuka ini mencakup semua elemen visual dan fungsional yang digunakan untuk berkomunikasi antara pengguna dan aplikasi, seperti tombol, menu, ikon, form input, dan tampilan data. Tujuan utama dari antarmuka aplikasi adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai fungsi aplikasi dengan cara yang intuitif dan efisien.
Contoh antarmuka aplikasi dapat ditemukan dalam berbagai jenis aplikasi yang kita gunakan sehari-hari, baik di desktop, perangkat mobile, maupun aplikasi web. Berikut adalah beberapa contoh antarmuka aplikasi yang umum:
1) Antarmuka Aplikasi Desktop (Windows, macOS)
2) Antarmuka Aplikasi Mobile (Smartphone)
3) Antarmuka Aplikasi Web (Browser)
4) Antarmuka Aplikasi Game
^Mengakses Berkas
Mengakses berkas (file access) adalah proses untuk membuka, membaca, menulis, atau memodifikasi berkas yang ada di sistem penyimpanan (seperti hard drive, SSD, atau cloud storage) menggunakan aplikasi atau perangkat lunak tertentu. Dalam konteks komputer, akses berkas melibatkan beberapa operasi dasar yang memungkinkan pengguna atau program untuk berinteraksi dengan data yang tersimpan di dalam berkas.
Ada beberapa jenis akses berkas yang umum dilakukan, antara lain:
Baca (Read): Proses membuka berkas dan membaca isinya tanpa mengubahnya. Misalnya, membuka dokumen teks atau gambar untuk melihat isinya.
Tulis (Write): Proses menulis atau memodifikasi konten berkas. Misalnya, mengedit dokumen Word atau menambah data ke dalam spreadsheet.
Tambah (Append): Menambahkan data baru ke akhir berkas yang sudah ada tanpa mengubah isi yang lama. Ini sering dilakukan saat mencatat log atau menambah entri dalam file.
Hapus (Delete): Menghapus berkas dari sistem penyimpanan atau memindahkannya ke tempat sampah (Recycle Bin) dalam sistem operasi.
Pindah (Move) atau Salin (Copy): Memindahkan atau menyalin berkas dari satu lokasi ke lokasi lain dalam sistem penyimpanan.
Untuk mengakses berkas, pengguna atau program dapat menggunakan berbagai antarmuka, seperti File Explorer di Windows atau Finder di macOS, di mana pengguna dapat menavigasi sistem file dan memilih berkas yang ingin dibuka. Aplikasi lain juga memungkinkan pengguna untuk mengakses berkas melalui dialog file, seperti saat membuka atau menyimpan berkas dalam aplikasi pengolah kata atau perangkat lunak lainnya ilberschatz, A., Galvin, P. B., & Gagne, G. (2018). Operating System Concepts (9th ed.). Wiley.
KESIMPULAN
Perangkat lunak (software) adalah sekumpulan instruksi atau kode yang memberikan perintah kepada perangkat keras (hardware) untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua kategori utama: perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengelola dan mengoperasikan perangkat keras (seperti sistem operasi), dan perangkat lunak aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna, seperti pengolah kata, perangkat lunak pengeditan gambar, dan aplikasi bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar